Friday, September 8, 2023

Mengenal Pi-hole: Solusi untuk Masalah Iklan dan Privasi

Pada era saat ini, menjelajah internet seolah tak lepas dari adanya iklan dan bahkan pelacakan (online tracing) atau pelacak online yang mengincar data-data pribadi sensitif pengguna. Tak jarang ketika berselancar di internet terganggu oleh adanya iklan yang muncul secara agresif dan masif sehingga mengurangi kenyamanan ketika berselancar di internet. Adanya online tracing juga membuat pengguna merasa was-was ketika menggunakan internet karena takut data pribadinya dicuri. Selain itu adanya iklan yang masif dan online tracing juga memperlambat kecepatan berselancar pengguna. Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat solusi mudah yang relatif tidak berbayar, yaitu dengan menggunakan Pi-hole.

Apa itu Pi-hole?


Pi-hole merupakan sebuah perangkat lunak open source yang dikembangkan secara khusus untuk berfungsi sebagai filter terhadap iklan maupun online tracing pada suatu jaringan komputer, atau secara sederhana pembatas yang mencegah masuknya iklan maupun online tracing pada suatu perangkat komputer maupun pada suatu jaringan komputer. Nama Pi-hole sendiri diambil dari Raspberry Pi yang menjadi perangkat keras terpopuler untuk menjalankan program Pi-hole, hal ini karena Pi-hole tidak membutuhkan banyak resource untuk berjalan. Meskipun demikian, untuk menjalankan program Pi-hole tidak harus menggunakan Raspberry Pi, Pi-hole dapat dijalankan pada komputer biasa asalkan berbasis linux dan terhubung pada suatu jaringan. 

Cara kerja Pi-hole

Pi-hole bekerja dengan cara yang sederhana namun sangat efektif untuk memblokir iklan maupun online tracing. Ketika pengguna hendak mengunjungi suatu situs tertentu, perangkat yang digunakan pengguna akan mengirimkan permintaan ke DNS (Domain Name System), nantinya DNS akan memberikan respon kepada perangkat pengguna berupa alamat IP sesungguhnya dari situs yang diminta oleh pengguna tersebut. Setelah perangkat menerima alamat IP dari situs yang diminta, barulah laman dari situs dimuat oleh perangkat untuk ditampilkan ke pengguna. 



Dari proses pengguna untuk mengunjungi suatu website tertentu, Pi-hole akan berada di antara perangkat pengguna dan DNS server. Adanya Pi-hole menyebabkan proses untuk mengakses sebuah sebuah website berubah. Ketika pengguna memasukkan alamat website yang ingin dikunjungi, Pi-hole akan terlebih dahulu memeriksa alamat website tersebut. Jika alamat website yang diminta termasuk dalam daftar blokir iklan, online tracing maupun daftar blokir pribadi, maka permintaan dari alamat website tersebut ditolak oleh Pi-hole dan tidak akan diteruskan ke DNS server. Adanya alamat website yang tidak diteruskan ke DNS server menyebabkan iklan maupun online tracing yang seharusnya muncul menjadi tidak muncul dan halaman website akan dimuat lebih cepat. 

Manfaat penggunaan Pi-hole

Ada beberapa manfaat dari penggunaan Pi-hole pada suatu perangkat maupun jaringan, diantaranya:

  • Blokir iklan: Pi-hole secara efektif memblokir iklan yang mengganggu ketika menjelajah internet pada suatu jaringan komputer, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dalam menjelajah internet.
  • Meningkatkan perlindungan privasi: Dengan diblokirnya online tracing, Pi-hole meingkatkan keamanan privasi online pengguna. Pihak ketiga lain yang tidak diketahui akan sangat sulit mengumpulkan data terkait perilaku online.
  • Penghematan bandwidth: Dengan diblokirnya iklan dan online tracing, menyebabkan bandwidth yang dibutuhkan berkurang, ini tentunya sangat bermanfaat jika pengguna memiliki bandwidth yang terbatas.
  • Konfigurasi yang dapat disesuaikan: Pengguna dapat dengan mudah mengatur Pi-hole untuk memblokir website tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kesimpulan 

Pi-hole merupakan perangkat lunak yang sangat berguna dalam menghadapi masifnya iklan dan pelacak (online tracing). Dengan memblokir iklan dan pelacak menggunakan Pi-hole, pengguna dapat mengoptimalkan pengalaman menjelajah internet, meningkatkan privasi secara online serta menghemat bandwidth yang digunakan. Pertimbangkan untuk menggunakan Pi-hole pada jaringan komputer jika dirasa terganggu oleh adanya iklan-iklan yang masif atau jika merasa tidak aman dengan pelacak. Adapun untuk pemasangan Pi-hole dapat dilihat di website resmi dari Pi-hole atau dapat dilihat di artikel berikut ini.

No comments: